Minggu, 01 Maret 2015

cara membuat media pembelajaran interaktif dengan macromedia flash 8

   
trikmedia.blogspot.com

   Disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara membuat media pembelajaran interaktif dengan program Macromedia Flash 8.

a.     Membuat tampilan utama
1)      Klik creat new di halaman start saat macromedia flash pertama kali dibuka.
2)      Buat pengaturan ukuran halaman, pilih menu bar Modify-Document, atau bisa langsung tekan Ctrl+J dengan ukuran width = 650, dan height = 400.
3)      Buat 3 layer yang diberi nama masing-masing background,isi,dan tombol.
4)      Kemudian import gambar background dan gambar lainnya dengan cara pilih menu file – import - import to stage – pilih file gambar yang akan di import, atau bisa langsung tekan Ctrl+I kemudian atur gambar agar sesuai dengan ukuran stage.
5)      Pada layer isi atur gambar-gambar yang akan dijadikan menu bar sehingga membentuk suatu tampilan awal yang diinginkan.

b.     Membuat tombol navigasi
1)      Kemudian, convert gambar yang akan dijadikan tombol navigasi dengan cara klik kanan gambar lalu pilih convert to symbol - pada option type behavior-nya pilih Button - pada Registration pilih yang tengah pada Name ketikkan nama file lalu klik Ok. Lakukan langkah tersebut sampai seluruh gambar yang akan dijadikan tombol menjadi tombol navigasi.
2)      Untuk membuat animasi pada tombol dengan cara klik dua kali pada tombol yang diinginkan, kemudian klik kanan pada frame over lalu masukkan keyframe, atau tekan F6.
3)      Kemudian besarkan gambar dari tombol menggunakan Tool Free Transform Tool.Pada frame down lakukan hal yang sama tapi gambar tombol dikecilkan. Setelah semua selesai, untuk kembali ke stage utama klik tanda panah di sebelah menu utama .
4)      Lalu pada layer background klik kanan kemudian beri action script. Kemudian kita atur navigasi pada tombol di layer isi yang pertama kita pilih salah satu tombol ,lalu klik kanan pada tombol – pilih action atau tekan F9.
5)      Sedangkan untuk fullscreen yang akan muncul pertama kali saat file swf atau exe media pembelajaran interaktif dibuka beri action script pada frame 1 layer isi.

c.      Membuat animasi
1)      Kemudian buat animasi pada gambar dengan cara klik kanan convert to symbol-movie clip-pastikan behavior-nya ditengah-ok. Atur pergerakannya disetiap keyframe atau bisa tekan F6 dan insert frame dengan tekan F5 buat pergerakan animasi yang diinginkan.
2)      Pada frame 1 (frame pertama) layer isi buat teks opening dengan menggunakan text tool ketikkan teks “Ayo Jelajahi Tata Surya Kita!“.
3)      Lalu, convert to symbol-movie clip-pastikan behavior-nya ditengah-ok. Atur pergerakan teks dari kecil ke besar dengan cara klik 2x pada teks kemudian pada frame 1 atur ukuran teks dengan ukuran yang kecil dan di frame 5 atur ukuran teks menjadi lebih besar dari sebelumnya begitu seterusnya sampai dengan ukuran teks yang diinginkan.

d.     Mengimport video dan suara dubbing
1)       Setelah itu, import video dengan cara klik file – import – import video. Pada jendela select video klik tombol browse. Pilih file video yang diperlukan, lalu klik Open.
2)       Pada menu selanjutnya klik next, dan next lagi. Pada menu pilihan skin lalu anda juga bisa next aja terakhir klik finish. Dengan cara yang sama, Import semua file video yang diperlukan.
3)       Setelah itu import suara dubbing yang sebelumnya sudah diedit di Ulead Video Studio 12 dengan cara pilih file-import file- kemudian pilih file suara. Lalu klik kanan file suara di library pilih linkage-centang pada export for action script – edit name dengan nama s1 lalu ok.
4)       Kemudian, pada frame yang akan diberi suara beri action script berikut ini:
5)       Kemudian pada frame selanjutnya saat suara dimainkan pada frame sebelumnya tidak dimainkan pada frame selanjutnya dengan cara klik kanan-action- tulis action script

e.      Membuat kuis
1)      Kemudian untuk membuat kuis dengan cara buat sebuah kotak dengan Rectangle Tool, tetapi atur dulu besar radius sudut di Set Radius Corner menjadi 30.Buat kotak pada layer isi frame 35, fillcolor pilih warna hitam atau apa saja untuk background.
2)      Copy frame  pada layer isi, caranya klik frame 35 tekan Ctrl+Alt+C, kemudian klik sebelah kanan frame 35 yang masih kosong dan pastekan (Klik Ctrl+Alt+V).
3)      Berikutnya kunci layer background, buka layer pertanyaan, pada frame 1 buat static teks isikan dengan kata “Start” ,
4)      Setelah itu klik Selection Tool, klik kata yang telah di buat tadi, kemudian convet jadikan Button/tombol, caranya tekan F8, pilih Button lalu Ok. setelah itu tekan F9.
5)      Angka 2 menunjukan nomor frame pada layer pertanyaan, karena pertanyaan pertama nantinya akan dibuat di frame 40. Jika pertanyaan pertama nantinya anda buat pada frame 45 (misalnya), maka ganti angka 2 dengan angka 45.
6)      Masih di layer pertanyaan, berikutnya buat frame baru, buat pertanyaan dan jawaban pilihan gandanya dengan static teks.
7)      Setelah itu klik frame 35, tekan F9.
8)      Lalu klik jawaban A convert jadi Button/Tombol, caranya seperti di langkah 2, lalu jawaban B, dan seterusnya jadikan semua jawaban menjadi Button/Tombol. Setelah itu klik jawaban yang benar terlebih dahulu, dan tekan F9.
9)      Angka 3 adalah frame ke 50 pada layer pertanyaan (Frame yang berisi pertanyaan selanjutnya). Dan angka 10 adalah nilai yang didapat jika jawaban benar. Sementara itu pada jawaban lainnya (jawaban salah) masukkan script seperti diatas tetapi tanpa sekor+=10;
10)  Langkah berikutnya buat frame baru untuk pertanyaan lainnya, caranya seperti langkah 5.
11)  Pada frame terakhir (jika semua pertanyaan sudah dibuat), buatlah teks dengan tipe Dinamic Teks bukan Static Teks, untuk menampilkan total nilai, pada kolom “var” masukkan variabel “sekor” dan pada instance name isi dengan “score”.
12)  Berikutnya masuk ke layer action. Pada frame 1 tekan F9.
13)  Buat frame baru pada layer action, tekan F9 dan masukkan kode yang sama seperti pada frame 1, begitu seterusnya hingga jumlah frame sama dengan jumlah frame pada layer pertanyaan.


0 komentar: