Minggu, 22 November 2015

JOBSHEET REM MOBIL


JOB SHEET REM  TROMOL DAN REM DISC MOBIL

A.    TEORI SINGKAT
Tujuan dipasangnya rem adalah untuk memperlambat jalnnya kendaraan mengurangi kecepatan, hingga berhenti, atau memarkir kendaraan pada tempat yang mendaki. Dengan kata lain melakukan kontrol terhadap kecepatan kendaraan untuk menghindari kecelakaan da merupakan alat pengaman yang berguna untuk menghentikan kendaraan secara berkala. Adapun rem yang dihunakan pada kendaraan harus memiliki syarat syarat sebagai berikut :
1.      Dapat bekerja dengan baik dan cepat.
2.      Bila muatan pada roda sama besar, makagaya pengereman pada tiap tiap roda sama besar pula, bila tidak harus sebanding dengan muatan yang diterima oleh roda-roda tersebut.
3.      Dapatdipercaya dan memiliki daya tekan yang cukup.
4.      Mudahdiperiksa dan di setel.

B.     TUJUAN
1.      Siswa mengetahui pungsi rem
2.      Siswa dapat menjelaskan semua komponen-komponen sistem rem
3.      Siswa dapat melakukan pembongkaran, pemeriksaan dan pemasangan kembali komponen sistem rem

C.    ALAT DAN BAHAN
1.      Tool set
2.      Sst sistem rem
3.      Minyak rem
4.      Kain lap
5.      Pipa plastik
6.      Tabung penampung minyak rem
7.      Ragum

D.    KESELAMATAN KERJA
1.      Setiap siswa yang praktek harus memakai pakaian praktek.
2.      Pergunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya.
3.      Gunakan buku panduan dalam melakukan praktek.
4.      Bila ada kesulitan tanyakan pada guru atau intruktur.
5.      Bekerjalah di tempat yang lapang dan datar.
6.      Bersihkan tempat praktek setelah selesai praktek.


E.     LANGKAH KERJA
1.      Pembongkaran Rem tromol
a.       Angkat kendaraan dan lepaskan semua roda
b.      Bebaskan rem tangan
c.       Lepaskan tromol roda (agarmudah mengeluarkan tromol rem kendorkan setelan terlebih dahulu)
d.      Lepaskan sepatu rem (dengan menggunakan sst lepas ruturn spring, penahan sepatu rem, dan sepatu rem depan)
e.       Lepas sepatu rem belakang (menggunakan sst lepas penahan sepatu rem, lepas sepatu rem, dan lepaskan kabel rem parkir dari tuas)
f.       Lepaskan silinder roda menggunakan sst
g.      Lepas penyetel sepatu rem (lepas kabel rem tangan, lepaskan pegas tuas penyetel sepatu rem
h.      Lepaskan komponen komponen silinder roda (piston, piston cup, spring, pelindung debu)
i.        Bersihkan backing plate dan komponen-komponen lainya dengan kain lap dan debu debu semprot dengan kompressor
2.      Pembongkaran Rem Cakram / Rem Disc
a.       Angkat kendaraan dan lepaskan semua roda (kendorkan semua baut roda sebelum mengangkat kendaraan)
b.      Lepaskan baut pengunci pada kaliper (angakat kaliper ke atas, jangan lepas slang rem kan kaliper,
c.       Angkat kaliper dan keluarkan kedua pad rem (buka ke dua pad beserta sim nya )
3.      Pemeriksaan Rem Tromol
a.       Bersihkan bagian-bagian rem dengan kuas atau sikat. Dilarang menggunakan angin, pakai air sabun jika kotor keras.
b.      Periksa kondisi dan pemasangan bagian pengikat sepatu rem:
1)      Kedudukan ujung sepatu rem
2)      Kedudukan pegas
3)      Pemasangan batang penghubung
4)      Penahan sepatu rem
5)      Dududkan pegas
6)      Kedudukan ujung sepau rem
c.       Periksa tebal kanvas. Jika kurang dari 1,5 mm atau keling kanvas sudah tercoret, kanvas harus diganti baru.
d.      Periksa permukaan kanvas. Kalau permukaannya keras dan berkilat, nilai geseknya kurang. Kanvas harus digosok atau diganti baru agar tercapai efektifitas rem yang normal.
e.       Kanvas rem yang terkena oli gardan atau cairan minyak rem harus giganti dengan yang baru
f.       Permukaan yang buram atau berkilat lemah menunjukkan kondisi kanvas yang normal. Tidak perlu digosok.
g.      Periksa kebocoran pada sil poros aksel (hanya pada aksel rigid dengan penggerak roda). Kebocoran dapat dilihat pada piringan rem dan pada poros aksel yang basah karena oli. Sil yang bocor harus diganti baru.
h.      Periksa kebocoran pada sislinder roda, jika ada kebocoran ganti semua karet piston
i.        Untuk memeriksa kebocoran lihat juga pada karet pelindung debu
4.      Pemeriksaan Rem Cakram / Rem Disc
a.       Periksa kondisi balok rem. Jika kanvas mulai lepas dari plat dudukannya atau jika tebal kanvas kurang dari 2 mm, balok rem harus diganti baru.
b.      Periksa kondisi cakram. Cakram yang berkarat atau hitam pada permukaan gesek, harus digerenda atau diganti baru. Permukaan gesek cakram yang beratur tidak mempengaruhi fungsi rem.
c.       Cakram dengan tebal yang kurang harus diganti baru (Tebal baru = 7 – 12 mm)
d.      Tebal minimal biasanya tebal baru dikurangi 1 mm.
e.       Periksa fungsi torak. Minta tolong seseorang untuk menekan pedal rem. Pada waktu pedal ditekan, torak harus bergerak keluar. Jika torak macet, kaliper rem harus dioverhaul.
5.      Pemasangan Rem Tromol
a.       Pasang tuas sepastu rem tangan dan penyetel otomatis pada sepatu rem belakang
b.      Oleskan gemuk pada backing plate pada bagian persinggungan sepatu rem
c.       Pasang kan kabel rem tangan pada tuas rem tangan sepatu rem tangan dengan menekan pegas koil kabel dengan tang lancip
d.      Pasang sepatu rem belakang beserta pegas penahan sepatu rem menggunakan sst
e.       Pasang sepatu ren depan beserta pegas penahannya menggunakan sst
f.       Pasang pegas pengembali menggunakan sst /obeng dan pasang juga tuas penyetel sepatu rem
g.      Pasang tromol rem , atur celah antara sepatu rem dengan tromol rem
h.      Pasang roda dan dan kencangkan semua baut roda setelah kendaraan di turunkan
6.      Pemasangan Rem Ckaram/Rem Disc
a.       Pasang pad rem pada kaliper yang telah dibersihkan.
b.      Pasangkan baut pengunci kaliper rem (bila pad baru yang di pasang keluarkan sebagian minyak rem supaya tidak tumpah saat menekan piston rem, dengan menggunakan gagang palu tekan piston masuk, agar pad yang baru bisa terpasang, karena piston menonjol keluar karen menekan pad yang telah tipis, setelah itu  masukan kaliper lalu kunci bautnya

0 komentar: