JOB SHEET REM TROMOL DAN REM DISC MOBIL
A.
TEORI SINGKAT
Tujuan
dipasangnya rem adalah untuk memperlambat jalnnya kendaraan mengurangi
kecepatan, hingga berhenti, atau memarkir kendaraan pada tempat yang mendaki.
Dengan kata lain melakukan kontrol terhadap kecepatan kendaraan untuk
menghindari kecelakaan da merupakan alat pengaman yang berguna untuk
menghentikan kendaraan secara berkala. Adapun rem yang dihunakan pada kendaraan
harus memiliki syarat syarat sebagai berikut :
1. Dapat bekerja dengan baik dan cepat.
2. Bila muatan pada roda sama besar,
makagaya pengereman pada tiap tiap roda sama besar pula, bila tidak harus
sebanding dengan muatan yang diterima oleh roda-roda tersebut.
3. Dapatdipercaya dan memiliki daya
tekan yang cukup.
4. Mudahdiperiksa dan di setel.
B.
TUJUAN
1.
Siswa
mengetahui pungsi rem
2.
Siswa
dapat menjelaskan semua komponen-komponen sistem rem
3.
Siswa
dapat melakukan pembongkaran, pemeriksaan dan pemasangan kembali komponen
sistem rem
C.
ALAT DAN BAHAN
1.
Tool
set
2.
Sst
sistem rem
3.
Minyak
rem
4.
Kain
lap
5.
Pipa
plastik
6.
Tabung
penampung minyak rem
7.
Ragum
D.
KESELAMATAN KERJA
1.
Setiap
siswa yang praktek harus memakai pakaian praktek.
2.
Pergunakan
alat dan bahan sesuai dengan fungsinya.
3.
Gunakan
buku panduan dalam melakukan praktek.
4.
Bila
ada kesulitan tanyakan pada guru atau intruktur.
5.
Bekerjalah
di tempat yang lapang dan datar.
6.
Bersihkan
tempat praktek setelah selesai praktek.
E.
LANGKAH KERJA
1.
Pembongkaran Rem tromol
a. Angkat kendaraan dan lepaskan semua
roda
b. Bebaskan rem tangan
c. Lepaskan tromol roda (agarmudah
mengeluarkan tromol rem kendorkan setelan terlebih dahulu)
d. Lepaskan sepatu rem (dengan
menggunakan sst lepas ruturn spring, penahan sepatu rem, dan sepatu rem depan)
e. Lepas sepatu rem belakang
(menggunakan sst lepas penahan sepatu rem, lepas sepatu rem, dan lepaskan kabel
rem parkir dari tuas)
f. Lepaskan silinder roda menggunakan
sst
g. Lepas penyetel sepatu rem (lepas
kabel rem tangan, lepaskan pegas tuas penyetel sepatu rem
h. Lepaskan komponen komponen silinder
roda (piston, piston cup, spring, pelindung debu)
i.
Bersihkan
backing plate dan komponen-komponen lainya dengan kain lap dan debu debu
semprot dengan kompressor
2.
Pembongkaran Rem Cakram / Rem Disc
a. Angkat kendaraan dan lepaskan semua
roda (kendorkan semua baut roda sebelum mengangkat kendaraan)
b. Lepaskan baut pengunci pada kaliper
(angakat kaliper ke atas, jangan lepas slang rem kan kaliper,
c. Angkat kaliper dan keluarkan kedua
pad rem (buka ke dua pad beserta sim nya )
3.
Pemeriksaan Rem Tromol
a. Bersihkan bagian-bagian rem dengan
kuas atau sikat. Dilarang menggunakan angin, pakai air sabun jika kotor keras.
b. Periksa kondisi dan pemasangan
bagian pengikat sepatu rem:
1) Kedudukan ujung sepatu rem
2) Kedudukan pegas
3) Pemasangan batang penghubung
4) Penahan sepatu rem
5) Dududkan pegas
6) Kedudukan ujung sepau rem
c. Periksa
tebal kanvas. Jika kurang dari 1,5 mm atau keling kanvas sudah tercoret, kanvas
harus diganti baru.
d. Periksa
permukaan kanvas. Kalau permukaannya keras dan berkilat, nilai geseknya kurang.
Kanvas harus digosok atau diganti baru agar tercapai efektifitas rem yang
normal.
e. Kanvas
rem yang terkena oli gardan atau cairan minyak rem harus giganti dengan yang
baru
f. Permukaan yang buram atau berkilat
lemah menunjukkan kondisi kanvas yang normal. Tidak perlu digosok.
g. Periksa kebocoran pada sil poros
aksel (hanya pada aksel rigid dengan penggerak roda). Kebocoran dapat dilihat
pada piringan rem dan pada poros aksel yang basah karena oli. Sil yang bocor
harus diganti baru.
h. Periksa
kebocoran pada sislinder roda, jika ada kebocoran ganti semua karet piston
i.
Untuk memeriksa kebocoran lihat juga
pada karet pelindung debu
4.
Pemeriksaan Rem Cakram / Rem Disc
a. Periksa
kondisi balok rem. Jika kanvas mulai lepas dari plat dudukannya atau jika tebal
kanvas kurang dari 2 mm, balok rem harus diganti baru.
b. Periksa
kondisi cakram. Cakram yang berkarat atau hitam pada permukaan gesek, harus
digerenda atau diganti baru. Permukaan gesek cakram yang beratur tidak
mempengaruhi fungsi rem.
c. Cakram dengan tebal yang kurang
harus diganti baru (Tebal baru = 7 – 12 mm)
d. Tebal
minimal biasanya tebal baru dikurangi 1 mm.
e. Periksa
fungsi torak. Minta tolong seseorang untuk menekan pedal rem. Pada waktu pedal
ditekan, torak harus bergerak keluar. Jika torak macet, kaliper rem harus
dioverhaul.
5.
Pemasangan Rem Tromol
a. Pasang
tuas sepastu rem tangan dan penyetel otomatis pada sepatu rem belakang
b. Oleskan gemuk pada backing plate
pada bagian persinggungan sepatu rem
c. Pasang kan kabel rem tangan pada
tuas rem tangan sepatu rem tangan dengan menekan pegas koil kabel dengan tang
lancip
d. Pasang
sepatu rem belakang beserta pegas penahan sepatu rem menggunakan sst
e. Pasang sepatu ren depan beserta
pegas penahannya menggunakan sst
f. Pasang pegas pengembali menggunakan
sst /obeng dan pasang juga tuas penyetel sepatu rem
g. Pasang tromol rem , atur celah
antara sepatu rem dengan tromol rem
h. Pasang roda dan dan kencangkan semua
baut roda setelah kendaraan di turunkan
6.
Pemasangan Rem Ckaram/Rem Disc
a.
Pasang pad rem
pada kaliper yang telah dibersihkan.
b.
Pasangkan baut
pengunci kaliper rem (bila pad baru yang di pasang keluarkan sebagian minyak
rem supaya tidak tumpah saat menekan piston rem, dengan menggunakan gagang palu
tekan piston masuk, agar pad yang baru bisa terpasang, karena piston menonjol
keluar karen menekan pad yang telah tipis, setelah itu masukan kaliper lalu kunci bautnya
0 komentar:
Posting Komentar